Rencana Ikrar Syahadat Suku Wana Tahap II

0
142

Islam agama yang rahmatan lil ‘alamin, tersebar ke penjuru dunia bukan karena paksaan maupun intimidasi. Islam dikenal dengan keadilan, kebijaksanaan ajaran yang dianut penganutnya dan di terapkan dalam kehidupan. Itulah yang dirasakan warga suku wana mereka masuk Islam dengan kesadaran diri akan Islam yang penuh kasih dan sayang.

Dai memiliki peranan penting dalam mengenalkan Islam sebagai pedoman hidup tentu harus menyediakan waktu yang cukup lama dan sarana penunjang yang memadai. Keberadaan dai sebagai sumber pengetahuan tentang ke-Islaman bagi para muallaf, harus memiliki keilmuan dan informasi yang luas.

Kiprah dai di Desa Fatu Marando semakin dirasakan oleh warga suku wana. Keteladanan menjadi faktor pendukung kesuksesan dakwah disana. Sehingga para muallaf lebih mudah menerima ajaran Islam dengan cara melihat apa yang dipraktikkan oleh dai dalam kehidupan beragama.

Program yang digulirkan memberikan harapan kehidupan yang lebih baik. “pertama kali saya tugas disini (red.suku wana) bahasa menjadi kendala utama untuk memulai interaksi dengan warga.” Ungkap Abdurrahman dai kelahiran Ternate 4 Februari 1997.

Kesahajaan dan keterbatasan tidak menjadi penghalang untuk mewujudkan cita-cita desa yang damai dan penuh dengan karya-karya warga suku. Desa itu dinamakan Desa Karya Suku Wana, di desa inilah pembinaan keislaman dilaksanakan secara berkelanjutan.

“saya menjalankan tugas dakwah ini Ikhlas dengan mengharap kepada Allah SWT semoga menjadi amal sholeh bagi kedua Orangtua. Dakwah disini tidak terlepas dari doa kedua orangtua” Kenang alumni sekolah dai tahun 2017.

Karya itu dimulai dengan mendirikan masjid untuk warga yang bisa digunakan beribadah sebagai aktualisasi dari ikrar syahadat yang telah mereka ikrarkan.

“bagi saya tidak mudah berdakwah di suku wana yang jauh dari jangkauan komunikasi dan informasi, kalau bukan karena rahmat dan hidayah dari Allah tidak mungkin akan tertarik dengan Islam” Ujar Abdurrahman yang akrab di panggil Rahman.

Pada 5 November 2017 yang akan datang Insha Allah akan diadakan ikrar syahadat tahap kedua. Sebanyak 44 kepala keluarga dengan jumlah 189 jiwa akan menjadi muallaf.

“acara kita laksanakan di masjid yang telah kita bangun, sekaligus peresmiannya. Insha Allah masjid hasil kerja sama Rumah Wakaf Indonesia, Kitabisa.com dan Pos Dai Hidayatullah menjadi saksi ikrar syahadat tahap kedua” tutup dai yang hobi mendaki gunung itu.

Muhajirin/Pos Dai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here