Program

Program-program PosDai adalah sebagai berikut :

PEDULI DAI NUSANTARA

Program ini bertujuan untuk membantu dan memenuhi kebutuhan para dai yang bertugas di daerah perintisan, terpencil, miskin, rawan pemurtadan, daerah konflik dan bencana dalam menjalankan aktivitas dan operasional dakwahnya. Bentuknya meliputi :

Pengadaan sarana transportasi dai

Berupa hibah sepeda motor dan perahu motor, terutama untuk daerah yang sulit dijangkau

Pengadaan rumah dai

Berupa sewa atau pinjam rumah, wakaf gedung atau bangunan di daerah binaan sebagai pusat kegiatan dakwah dan pembinaan masyarakat sekaligus sebagai tempat tinggal para dai

Bantuan modal dan perlengkapan kerja

Diberikan untuk mendukung kegiatan ekonomi para dai dan masyarakat binaan

Santunan dai

Diberikan untuk biaya pengobatan bagi dai yang sakit dan santunan bagi keluarga dai yang meninggal dunia

Beasiswa dai

Diberikan kepada para dai yang melanjutkan pendidikan formal maupun informal

Advokasi dai

Bantuan hukum dan pembelaan bagi para dai yang mengalami hambatan dakwah terutama di daerah konflik dan minoritas

LAYANAN UMAT

Program ini bertujuan untuk memberikan pelayanan dakwah kepada masyarakat agar mereka semakin dekat dengan ajaran Islam. Bentuk layanannya adalah :

LIFE REVOLUTION TRAINING (LRT)

Training ini dimaksudkan untuk mengajak masyarakat untuk meraih kebahagiaan dengan kembali kepada ajaran Islam yang sesungguhnya, sebagai satu-satunya jalan untuk meraih kebahagiaan yang hakiki. Metode yang digunakan dalam training ini merujuk pada proses ta’dib ilahiyah, yaitu metode yang digunakan Allah dalam mendidik para Rasul-Nya, dan para rasul dalam mendidik umatnya, yaitu lewat proses tilawah, tazkiyah, dan ta’limah.
Lewat paket-paket pelatihan ini diharapkan peserta dapat ber-Islam dengan lebih baik, hidupnya lebih berkah dan bahagia dalam naungan al-Qur’an dan sunnah Rasulullah saw.
Prinsip pelatihan : mudah, menyenangkan, dan bermakna.

GERAKAN DAKWAH MENGAJAR-BELAJAR AL-QUR’AN (GranD MBA )

Tujuan dari program ini adalah mendekatkan al-Qur’an kepada masyrakat, sekaligus memberantas buta huruf al-Qur’an di kalangan rakyat Indonesia. Fokus utama GranD MBA ini adalah membentuk Majelis Qur’an Hidayatullah (MQH) di berbagai lapisan masyarakat Indonesia : perkampungan, komunitas, kelompok, perkantoran, sekolah,dll. Harapannya dengan gerakan ini dapat tercipta masyarakat Indonesia yang lebih Islami lantaran mereka telah memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan mereka.

Untuk keperluan ini PosDai telah menyediakan perangkat-perangkat pembelajaran seperti buku-buku, modul-modul tutorial, video-video, dan juga telah melakukan Daurah Muallim ( pelatihan para pengajar al-Qur’an) dan TOT Muallim (Training of Trainer Muallim) di berbagai wilayah Indonesia.

Prinsip Grand MBA : mudah, menyenangkan, dan bermakna.

PROGRAM KHUSUS

SEKOLAH DAI

Sekolah Dai adalah pendidikan dan pelatihan khusus untuk mencetak para dai. Para peserta datang dari berbagai wilayah Indonesia. Lama pendidikan 1 tahun dan ber-beasiswa penuh. Mereka dibekali ilmu-ilmu dan ketrampilan dakwah seperti : al-Qur’an-Hadits, Bahasa Arab, Fiqh Dakwah, Literasi dan Teknologi, Fund Rising, serta Kekaderan.

Setelah lulus pendidikan, mereka akan dikembalikan ke daerah asal masing-masing untuk menjadi agent of change (agen perubahan) dakwah di daerah masing-masing atau ditugaskan ke daerah lain yang membutuhkan kehadiran mereka. Di tempat tugasnya tersebut mereka harus berdakwah sekaligus mencari penghidupan sendiri. Tidak ada gaji dan fasilitas. Bekal utama mereka adalah :

“Wahai orang-orang yang beriman, jika engkau menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (Qs. Muhammad/47 : 7 )